SMKN 2 WONOGIRI

(0273) 323837

smkn2wonogiri@yahoo.com

Jln. Raya Wonogiri-Ngadirojo, Km. 03, Bulusulur, Wonogiri

Usung Inovasi Ecobrick dalam Kegiatan P5, SMKN 2 Wonogiri Kelola Lingkungan Tanpa Tinggalkan Prinsip Kelestarian

Wonogiri-Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMKN 2 Wonogiri mulai dilaksanakan pada Senin (05/02/2024). Akan dilaksanakan selama dua pekan, tema Gaya Hidup Berkelanjutan pada kegiatan ini diharapkan mampu menguatkan profil pelajar sesuai dengan Pancasila sebagai jiwa yang mendasari negara Indonesia. Kelas X diarahkan pada pengelolaan sampah untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dan keasrian lingkungan sekitar dengan pengelolaan sampah plastic, cantik bersama ecobrick.. 

Ibu Dra. Botet Triyanti salah satu fasilitator P5 kelas X melaksanakan kegiatan ini bersama-sama peserta didik dengan penuh semangat tak mengenal lelah. Hasil sementara untuk hari ketiga, sampah plastik yang telah terkumpul, diperkecil dengan cara pemotongan, dan dimasukkan ke dalam botol-botol air minum dan dimampatkan agar padat di dalam botol kemasan tersebut. Hasil ini akan dimanfaatkan pada proses berikutnya menjadi barang yang telah dirancang untuk dibentuk pada hari keempat. 

Ecobrick merupakan salah satu upaya penanganan sampah plastik yang keratif. Ecobrick berfungsi bukan untuk menghancurkan sampah plastik, melainkan memperpanjang usianya dan mengolahnya menjadi sesuatu yang berguna yang bisa dipergunakan lagi untuk kepentingan manusia. Ecobrick bisa digunakan untuk apa saja? Seperti dijelaskan sebelumnya, ecobrick bisa dipakai sebagai alternatif batu bata. Ecobrick juga bisa dirangkai menjadi benda-benda lain seperti meja, kursi sederhana, menara, panggung kecil, dan lain-lain.

Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini diharapkan mampu menggugah semangat dan mengunggah manfaat berlipat dari pengelolaan lingkungan beserta asetnya, terutama di lingkungan SMKN 2 Wonogiri. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top