SMKN 2 WONOGIRI

(0273) 323837

smkn2wonogiri@yahoo.com

Jln. Raya Wonogiri-Ngadirojo, Km. 03, Bulusulur, Wonogiri

Workshop Perencanaan Berbasis Data SMKN 2 Wonogiri, Upaya Sekolah Tingkatkan Pengelolaan Berbasis Rapor Pendidikan

 

Wonogiri– Perencanaan berbasis data adalah salah satu perubahan kebiasaan dalam rangka untuk mendorong satuan pendidikan dan dinas pendidikan menyusun kegiatan peningkatan capaian pembelajaran berdasar fakta. Perencanaan tersebut selalu didasarkan pada data yang objektif sehingga mampu mencapai tujuan tertinggi dalam sebuah satuan pendidikan. Pada Rabu (27/07/2022) pukul 08.00 WIB mulai dilaksanakan workshop perencanaan berbasis data.

 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan pelaksanaan penyelenggaraan SMK Pusat Keunggulan. Acara menghadirkan bapak Dr. Nur Widiyantoro, koordinator penjaminan mutu Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) seni dan budaya Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 35 peserta yang terdiri dari ketua lini dan stafnya, dimulai dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, ka subbag TU, dan lini-lini lain. Alur materi perencanaan  berbasis data adalah Bab 1 Merdeka belajar dan perencanaan berbasis data, Bab 2 Profil dan platform Rapor Pendidikan, Bab 3 Perencanaan berbasis data di satuan Pendidikan, serta bab 4 Monitoring dan Evaluasi. Acara diikuti oleh lini yang ada di SMKN 2 Wonogiri. Dimulai pada hari pertama yaitu diisi dengan materi pada bab 1 sampai dengan bab 5, kemudian diikuti hari kedua dan ketiga yang diisi dengan pemaparan (presentasi oleh tim TPMPS dan praktik analisis Rapor Pendidikan.

Diharapkan kegiatan ini akan menambah tingkat kematangan perencanaan dalam seluruh lini di sekolah dengan berbasis data, secara utama data dalam rapor pendidikan sehingga mampu membawa hal positif yang lebih demi peningkatan kualitas satuan pendidikan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top