SMKN 2 WONOGIRI

(0273) 323837

smkn2wonogiri@yahoo.com

Jln. Raya Wonogiri-Ngadirojo, Km. 03, Bulusulur, Wonogiri

Sosialisasi Pengelolaan Sampah dan RTH oleh Dinas LH Kabupaten Wonogiri di SMKN 2 Wonogiri, Tingkatkan Kualitas Peserta Didik dalam Wawasan Lingkungan

Wonogiri– Pada Rabu (31/012024) pukul 08.00 WIB di SMKN 2 Wonogiri dilaksanakan kegiatan Sosialisasi dari Dinas LH Kabupaten Wonogiri mengenai pengelolaan sampah dan pengadaan RTH (Ruang Terbuka Hijau). Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonogiri, yaitu ibu LWiwik Ekowati, S.T., M.Si. dan dibuka oleh Kepala SMKN 2 Wonogiri, bapak Putra Jaya, S.Pd., M.PT. Acara ini diselenggarakan dalam upaya penyiapan peserta didik dalam kegiatan Proyek  Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan menambah pengetahuan dan wawasan peserta didik mengenai pengelolaan sampah, penghijauan dan pengadaan RTH Sosialisasi ini juga berusaha meningkatkan kepedulian seluruh masyarakat, utamanya peserta didik kelas X dan XI di SMKN 2 Wonogiri mengenai sampah serta penghijauan dan RTH. 

Peserta didik hendaknya berusaha peduli dengan lingkungan dan seluruh tanda terjadinya hal-hal melemahkan kekuatan lingkungan, terutama lingkungan hidup. Untuk itulah Dinas Lingkungan Hidup memberikan beberapa kegiatan yang harus dilaksanakan dalam rangka pengelolaan sampah di sekolah, di antaranya adalah:

  1. Melakukan pemilahan sampah (WAJIB).
  2. Sampah Daun dan sisa makanan bisa dikomposting atau biopori
  3. Pilah sesuai jenis sampah kering yang bisa dijual (semakin detail harga jual akan semakin tinggi)
  4. Daur ulang sampah yang bisa didaur ulang

Hal ini sejalan dengan fungsi ekologis RTH yaitu: sebagai paru-paru kota; pengatur iklim mikro agar sistem sirkulasi udara dan air/sumberdaya air  secara alami dapat berlangsung lancar; sebagai peneduh, produsen oksigen; penyerap air hujan, penahan erosi; penyedia habitat satwa; penyerap polutan media udara, air dan tanah, serta penahan angin.

Acara berlangsung interaktif dan menarik karena dilengkapi dengan sesi tanya jawab sehingga peserta didik semakin memahami untuk kemudian diharapkan mampu mengaplikasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top