SMKN 2 WONOGIRI

(0273) 323837

smkn2wonogiri@yahoo.com

Jln. Raya Wonogiri-Ngadirojo, Km. 03, Bulusulur, Wonogiri

Gladi Bersih ANBK 2023 SMKN 2 Wonogiri, Tingkatkan Kematangan Persiapan Pelaksanaan Asesmen Nasional

Wonogiri Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah sebuah program yang bertujuan menilai mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menegah. Penilaian ini dilakukan pada kemampuan dasar murid yaitu literasi, numerasi, dan karakter. Informasi dalam penilaian sebuah penyelenggara pendidikan dasar dan menengah ini diambil melalui tiga instrumen pokok, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. 

Pada Senin-Selasa (21-22/08/2023) pukul 07.30 WIB SMKN 2 Wonogiri mendapatkan jadwal untuk melaksanakan Gladi Bersih ANBK. Pelaksanaan kegiatan ini mengacu pada prosedur pelaksanaan ujian yang sebenarnya dengan menerapkan kegiatan sesuai Prosedur Operasional Standar (POS). Rangkaian jadwal Asesmen Nasional Berbasis Komputer meliputi simulasi, gladi bersih, dan pelaksanaan ANBK. Tiap tahap didahului dengan sinkronisasi.

Gladi bersih ANBK adalah uji coba prapelaksanaan ANBK yang sebenarnya di sekolah pelaksana mandiri maupun tumpangan. Kegatan ini digelar untuk memastikan risiko kendala atau kekurangan dalam pelaksanaan ANBK dapat diidentifikasi untuk kemudian dicarikan solusi. Dengan demikian, pelaksana gladi bersih dapat melengkapi persiapan untuk pelaksanaan ANBK. 

Indikator Keberhasilan Gladi Bersih ANBK 2023 antara lain: Pelaksanaan di lokasi dapat menerapkan protokol kesehatan, perangkat komputer dapat berfungsi dengan baik, komputer terkoneksi dengan jaringan, serta jaringan internet stabil, petugas pelaksana seperti Proktor, Teknisi, dan Pengawas ruang hadir, menguasai tugas, dan dapat melaksanakan tugas sesuai fungsinya masing-masing, serta peserta dapat memulai dan mengakhiri ujian di ruangan tanpa masalah. 

Semoga gladi bersih yang telah dilaksanakan pada hari Senin ini dapat dilanjutkan pada hari berikutnya tanpa menemui kendala yang berarti sehingga ANBK dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dengan raihan seterang-terangnya demi perbaikan diri “instansi” di masa ini dan mendatang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top