SMKN 2 WONOGIRI

(0273) 323837

smkn2wonogiri@yahoo.com

Jln. Raya Wonogiri-Ngadirojo, Km. 03, Bulusulur, Wonogiri

SMKN 2 Wonogiri dalam Program Semiboarding, Wujudkan Pelayanan Berkelas tanpa Batas secara Tuntas

 

Wonogiri– Penerimaan peserta didik baru pada tahun pelajaran 2022/ 2023 SMK Negeri 2 Wonogiri telah selesai. Proses pembelajaran untuk tiap jenjang kelas pun telah dimulai beberapa waktu lalu. Namun ada satu hal yang sedikit berbeda. Hal ini terlihat pada satu Gedung baru yang berdiri di SMK Negeri 2 Wonogiri. Ya, pada tahun ini ada beberapa peserta didik yang dibolehkan untuk menginap dan “hidup” di sekolah, tanpa adanya biaya apa pun alias gratis.

Sekolah semi boarding yang didengungkan beberapa waktu lalu telah terwujud pada tahun pelajaran ini. Tampak 30 peserta didik, dalam beberapa jenjang, telah memulai untuk bersama-sama bersekolah selama “24 jam” di Skandagiri ini. Semi boarding yang ditawarkan cukup meringankan beban orang tua peserta didik. Mereka tidak perlu menyisihkan biaya untuk kos seperti yang selama ini mereka lakukan bila harus bersekolah di tempat yang berjarak jauh dari rumah. Tak hanya itu, fasilitas dapur yang ditawarkan juga mampu mengakomodasi kebutuhan peserta didik untuk selalu prima di saat pembelajaran ataupun di luar itu. Fasilitas yang telah dibangun sudah mampu untuk membantu para peserta didik yang memiliki domisili cukup jauh dari sekolah. Banyak sekali keuntungan yang mereka dapatkan bila bersedia mengikuti program semiboarding secara disiplin. Sesuai program Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, diluncurkan 15 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan konsep semi-boarding pada tahun 2022 ini. SMK semi-boarding itu dijalankan untuk mewadahi peserta didik dari kalangan keluarga kurang mampu.

Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng, Ainur Rojik, mengatakan sekolah semi-boarding mengacu pada SMK Negeri Jateng. Tujuannya, memberikan akses layanan pendidikan, bagi peserta didik kurang mampu, memiliki prestasi namun secara kebetulan memiliki tempat tinggal cukup jauh dari sekolah.
Sementara itu, 15 SMK yang dijadikan semi-boarding itu terdiri dari SMK Negeri 1 Demak, SMK Negeri 2 Rembang, SMK Negeri 1 Wirosari di Grobogan, SMK Negeri 1 Jepon di Blora, dan SMK Negeri 1 Tulung di Klaten. SMK Negeri 1 Kedawung di Sragen, SMK Negeri 2 Wonogiri, SMK Negeri 1 Purworejo, SMK Negeri 2 Wonosobo, dan SMK Negeri 1 Punggelan di Banjarnegara. Selanjuntnya SMK Negeri 1 Alian di Kebumen, SMK Negeri 2 Cilacap, SMK Negeri 1 Kalibagor di Banyumas, SMK Negeri 1 Tonjong di Brebes, dan SMK Negeri 1 Randudongkal di Pemalang. Semoga program ini benar-benar mampu membantu masyarakat dalam mendapatkan layanan Pendidikan yang optimal, berkelas tanpa batas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top