SMKN 2 WONOGIRI

(0273) 323837

smkn2wonogiri@yahoo.com

Jln. Raya Wonogiri-Ngadirojo, Km. 03, Bulusulur, Wonogiri

Seimbangkan Urban Farming dan Hidroponik, SMKN 2 Wonogiri Laksanakan P5 Bertema Gaya Hidup Berkelanjutan

Wonogiri-SMKN 2 Wonogiri senantiasa berproses dalam berbagai pembelajaran, salah satunya adalah melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMKN 2 Wonogiri mulai dilaksanakan pada Senin (05/02/2024). Setelah pada beberapa waktu yang lalu mengadakan rangkaian kegiatan yang sama dengan kegiatan panen sebagai pamungkasnya, kini tema Gaya Hidup Berkelanjutan diusung serbagai salah satu jawaban atas beberapa masalah lingkungan. 

Direncanakan dilaksanakan selama dua pekan, kegiatan P5 ini dilaksanakan di kelas masing-masing bersama fasilitator dan koordinator masing-masing. Dengan tema minor pengelolaan lingkungan dengan Urban Farming dan Hidroponik, peserta didik diajak untuk berusaha melakukan penghijauan secara mandiri namun tetap mengedepankan semangat gotong-royong dalam pelaksanaan tahapan-tahapan, terutama pada aksi nyata. Keseimbangan penerapan Urban Farming dan Hidroponik menjadi salah satu target yang ingin dicapai demi kesinambungan lingkungan.

Lingkungan menjadi sebuah tempat tinggal dan tempat hidup bagi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi ini, salah satunya manusia. Sehingga perlu bagi peserta didik menyadari arti utama menjaga kelestarian lingkungan. Bagi manusia, lingkungan memiliki arti yang penting karena memberikan kehidupan bagi makhluk hidup di bumi. Tidak hanya memberikan kebutuhan bagi manusia, lingkungan juga berperan penting bagi keberlangsungan hidup hewan dan tumbuhan. Semua akan berjalan dengan baik apabila lingkungan juga berjalan dengan baik.

Sejalan dengan Kegiatan P5 ini diharapkan mampu memupuk semangat dalam menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan, terutama demi keberlangsungan kehidupan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top