SMKN 2 WONOGIRI

(0273) 323837

smkn2wonogiri@yahoo.com

Jln. Raya Wonogiri-Ngadirojo, Km. 03, Bulusulur, Wonogiri

Membanggakan! Alumnus SMKN 2 Wonogiri Lolos Seleksi Sekolah Kedinasan Poltekim Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun Anggaran 2023

Wonogiri-Tak berhenti menorehkan prestasi, alumnus Skandagiri mampu membanggakan orang tua serta sekolah yang telah meluluskannya. Enggar Eka Fahrurriza lulusan dari Teknik Bisnis Sepeda Motor SMKN 2 Wonogiri menunjukkan bahwa proses pembelajaran ketarunaan di sekolah mampu membimbingnya untuk melanjutkan langkah di ketarunaan pada jenjang yang lebih tinggi. Dengan pendidikan basis di marinir selama 2-3 bulan, dan pendidikan selama kurang lebih 4 tahun dengan gelar  S.Tr.Im ( Sarjana Terapan Keimigrasian), Enggar mantap melangkahkan kaki di sekolah ini. 

Melalui enam tahapan tes masuk yakni Administrasi, SKD (Seleksi Kompetensi Dasar), Psikotest, Kesehatan, Kesamaptaan ( Tes Fisik/Jasmani), kemudian yang terakhir adalah WPFK (Wawancara Pengamatan Fisik dan Keterampilan), tentu setiap tahapan subtes memiliki tantangannya masing-masing. 

Seleksi tersebut adalah: (1) Seleksi Administrasi yaitu membuat akun ke dalam web SSCASN terlebih dahulu secara online, kemudian memasukkan data-data yang diperlukan mulai dari ijazah, surat keterangan sehat, KK, akta kelahiran, surat keterangan belum menikah, dan sebagainya, serta menentukan pilihan salah satu sekolah kedinasan. Bila memenuhi syarat kemudian masuk tes tahap berikutnya yakni SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). (2) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sendiri dilaksanakan di daerah masing masing untuk Jawa Tengah dilaksanakan di Kantor BKN Yogyakarta dan juga Kantor BKN Semarang. Peserta memilih lokasi untuk tes SKD saat Administrasi, sehingga setelah hasil Administrasi keluar peserta dianjurkan untuk tetap belajar dan juga menunggu jadwal untuk pelaksanaan SKD di daerah masing-masing.  SKD sendiri memiliki 3 sub materi yang diujikan yakni TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) – TIU (Tes Intelegensia Umum) – TKP (Tes Karakteristik Pribadi) dengan nilai ambang batas atau passing grade yang berbeda-beda. Enggar mendapatkan jadwal Tes SKD pada tanggal 17 Juni 2023 di Lokasi Tes BKN Yogyakarta. (3) Tes Psikotes, apabila peserta dinyatakan lulus memenuhi nilai ambang batas dan juga perangkingan, maka peserta akan lanjut pada tahap psikotest. (4)Tes Kesehatan, untuk tes kesehatan Sekolah Kedinasan Akademi Imigrasi / Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) dilaksanakan tepusat jadi seluruh Indonesia baik peserta dari Aceh hingga Papua melaksanakan rangkain tes tersebut di Pusat yakni Markas Komando Brimob Kelapa Dua Depok. (5)Tahap kelima yakni tes Kesamaptaan tetap dilaksanakan secara terpusat yakni di MAKO BRIMOB Kelapa Dua Depok. Materi/ Tahapan tes yang dilalui yakni ada 2 Samapta A dan juga Samapta B. Samapta A terdiri dari lari 12 menit, kemudian Samapta B terdiri dari Pull Up, Sit Up, Push Up, Suttle Run (lari angka 8).

Enggar mendapatkan rata rata nilai Samapta 78, dengan perolehan tiap subtes/ materi, lari 12 menit mendapat 7 putaran lapangan bola (7 x 400 meter), Pull Up mendapat 18, Sit Up mendapat 36, Push Up mendapat 42, dan juga Shuttle Run mendapat 17 detik. Untuk tahap terakhir adalah Wawancara Pengamatan Fisik dan Keterampilan (WPFK), untuk WPFK sendiri dilaksanakan terpusat di Kampus Poltekim dan Poltekip yang baru yakni di Tangerang. Peserta diuji mulai dari keterampilan berbicara, diberikan studi kasus bagaimana cara menghadapinya, diberikan pertanyaan kemudian disuruh menjawab menggunakan bahasa Inggris, menampilkan bakat serta kelebihan yang dimiliki, dsb.

Diketahui bahwa Politeknik Imigrasi (Poltekim) adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi kedinasan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang menyelenggarakan pendidikan profesional kedinasan, terutama diarahkan pada penerapan keahlian, dan ilmu pengetahuan di bidang keimigrasian. Poltekim yang sebelumnya dikenal dengan nama Akademi Imigrasi (AIM).

Enggar menyatakan bahwa motivasi yang pertama dan yang paling utama adalah kedua orang tua, serta ingin membuktikan bahwasanya tidak hanya anak SMA saja yang bisa melanjutkan studi di sekolah kedinasan, namun SMK juga mampu lulus dan terpilih masuk di antara 14 ribu orang yang diseleksi. Semboyan “Banyak orang yang bermimpi, namun hanya sedikit yang berani mewujudkannya” adalah kalimat sakti yang mampu menginspirasi karena itu akan mengubah tindakanmu, tindakanmu akan membentuk sebuah kebiasaan, kebiasaan menentukan sebuah karakter, dan karakterlah yang akan menentukan nasibmu di masa depan.

Selamat dan tetaplah bersemangat Enggar, semoga cita-cita yang telah dirintis dapat diraih secara gemilang tanpa aral melintang aamiin. 

Share the Post:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Postingan Lainnya

Join Our Newsletter

Scroll to Top