SMKN 2 WONOGIRI

(0273) 323837

smkn2wonogiri@yahoo.com

Jln. Raya Wonogiri-Ngadirojo, Km. 03, Bulusulur, Wonogiri

Konsentrasikan Kegiatan Magang Guru di DUDI, SMKN 2 Wonogiri Tingkatkan Kualitas Diri dalam Rangkaian Kegiatan SMK PK Skema Pemadanan

Yogyakarta-Di Tengah kompetisi pada era globalisasi tentu mengharuskan seluruh pihak agar proaktif dalam peningkatan kualitas diri. Hal tersebut dilakukan oleh SMKN 2 Wonogiri secara berkala, baik melalui program mandiri maupun Pemerintah. Dalam Program Pemerintah yaitu SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan, SMKN 2 Wonogiri melaksanakan hal tersebut salah satunya melalui kegiatan magang guru di DUDI. Pada Senin-Jumat (20/11/2023-15/12/2023) SMKN 2 Wonogiri mengirimkan pendidik mata pelajaran Kejuruan Elektronika, bapak Wisnu Tri Nugroho, S.Pd. di PT Yogya Presisi Tehnikatama Industri, Jalan Cangkringan, Duri, Tirtomartani, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada saat ini magang telah berlangsung bebrapa pekan dan akan dilanjutkan hingga waktu yang telah dijadwalkan. Materi yang diutamakan dalam magang ini adalah mengenai pengenalan dasar-dasar pemesinan, basic operator CNC dan maintenance and repair CNC.

Magang tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan relevansi kompetensi keahlian guru produktif dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri). Dalam magang tersebut, guru dapat melihat secara nyata kriteria tamatan yang dicari dan dibutuhkan DUDI pada saat ini. Hal tersebut didasarkan pada keharusan tamatan SMK agar senantiasa menyesuaikan diri dengan tingginya tuntutan kriteria dari DUDI, baik dari kompetensi dasar yang dimiliki, maupun berbagai keahlian tambahan yang menguatkan kualifikasi diri alumni. Magang guru ini juga dilakukan sebagai antisipasi agar dunia pendidikan tak tertinggal jauh dari DUDI yang begitu cepat berkembang dalam hal kemajuan IPTEK. Kesenjangan (gap) antara dunia pendidikan dan DUDI dapat dipersempit dengan kegiatan magang ini. 

Magang ini juga dinyatakan mampu membawa guru secara nyata mengaplikasikan teori dan mengembangkan pemikiran terkini seiring dengan kenyataan di DUDI. Dengan kegiatan tersebut guru ketika berhadapan dengan peserta didik di kelas akan mampu memberikan pembelajaran yang memiliki relevansi penuh dengan DUDI. Link and match antara DUDI dan DUDIK (Dunia Pendidikan) juga terpenuhi secara nyata. 

Diharapkan, kegiatan magang guru yang telah dialokasikan Pemerintah dalam rangkaian kegiatan SMK PK Skema Pemadanan ini benar-benar mampu membawa kemajuan pembelajaran kejuruan di sekolah, terutama SMKN 2 Wonogiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top