Tari Jurit Pinilih

Apa itu tari jurit pinilih ? Tari Ini Berawal dari kesetiaan dan perjuangan Raden Mas Said beserta para prajuritnya yang gigih dan semangat juang yang tinggi melawan pasukan Belanda yang tangguh, kuat dan mempunyai peralatan senjata yang cukup canggih dengan menggunakan strategi dan taktik gerilya, perang ini di pimpin langsung oleh Raden Mas Said. 

Karena kecerdasan dan keahlian Raden Mas Said, setelah cukup lama melatih para prajuritnya, munculah ide untuk memilih senjata sederhana yang bisa membantu  pada saat di medan perang melawan Belanda, akhirnya senjata yang dipilih adalah Pedang. Pedang inilah yang menjadi ciri khas senjata dari Raden Mas Said.

Berlatih dan terus berlatih dengan tekun, sabar, didasari dengan kebersamaan, kekompakan serta semangat gotong royong yang baik, Raden Mas Said optimis dan yakin dengan dibantu Tuhan Yang Maha Esa bisa mengalahkan dan mengusir pasukan Belanda.

Cerita di atas oleh tim tari SMK Negeri 2 Wonogiri yang terdiri dari 5 orang yaitu Raymondus Tri Utomo Parkesit, Jony Handika Soraya, Catur Tri Pamungkas, Dony Yanwar, Francisco Aldo Syahrony dibawah bimbingan Bapak Loediro Pantjaka dan Bapak Singgih diangkat menjadi gerakan Tari yang akan dipadukan dengan gamelan. Tari ini nantinya akan ditampilkan dalam perlombaan FLS2N ( Festival Lomba Seni Siswa Nasional ) Tahun 2017.