Selamat datang di Web Resmi SMK Negeri 2 Wonogiri Facebook Resmi : Skanda Giri Skanda

 

          Wonogiri, 12 Oktober 2021. Hari ini selasa 12 Oktober 2021 adalah hari terakhir di laksanakanya kegiatan vaksinasi ke 2 bagi seluruh siswa SMK Negeri 2 Wonogiri di mana jadwal pesertanya adalah seluruh siswa kelas X. Sedangkan untuk kelas XII dan XIII di laksanakan pada hari Sabtu tanggal 9 Oktober 2021. Untuk kelas XI di vaksin pada hari Senin tanggal 11 Oktober 2021, sehingga total kegiatan vaksinasi ke 2 untuk semua siswa SMK Negeri 2 Wonogiri selama tiga hari.

vak2
Siswa SMK Negeri 2 Wonogiri sedang di vaksin ke 2

         Kegiatan vaksinasi ke 2 untuk semua siswa SMK Negeri 2 Wonogiri di mulai pada pukul 07.30 dan selesai pada pukul 15.30 WIB bertempat di aula baru atau aula rujukan. Kegiatan ini di sengaja di selengarakan selama 3 hari dan terjadwal pertingkat dengan tujuan untuk mengurangi kerumunan sehingga prokes tetap bisa di terapkan.

Siswa SMK Negeri 2 Wonogiri masuk ruang vaksin

          Sebelum kegiatan ini di laksanakan para siswa di kumpulkan terlebih dahulu di halaman sekolahan untuk di berikan informasi dari sekolah, kemudian secara bertahap perkelas akan di silahkan masuk ke dalam ruang vaksin, di sana sudah di sediakan untuk kursi menunggu antrian yang berjarak sekitar 1 meter antar dua kursi, sebelum masuk ruangan siswa di ukur suhu tubuhnya oleh petugas dan di beri semprotan hand sanitizer dengan harapan agar penyebaran virus covid-19 bisa di hentikan.

Siswa SMK Negeri 2 Wonogiri sedang di suntik vaksin yang ke 2

          Sedangkan untuk penyuntikan vaksin sendiri SMK Negeri 2 Wonogiri bekerjasama dengan rumah sakit Medika Mulya Wonogiri. Untuk tahapan pemberian vaksin, setelah nama siswa di panggil maka siswa tersebut maju untuk di screening berupa pengukuran tekanan darah dan pertanyaan sekitar penyakit komorbid dan yang lainnya sesuai dengan SOP vaksinansi covid-19 lalu siswa akan masuk ke bilik penyuntikan, setelah selesai maka siswa akan di berikan surat keterangan vaksine yang ke 2.

 

       Wonogiri, 6 Oktober 2021. Walaupun pembelajaran menggunakan metode jarak jauh ( PJJ ) namun tidak membuat para siswa SMK Negeri 2 Wonogiri tidak kreatif dan produktif. Ini di buktikan dengan banyaknya barang-barang produk siswa-siswi SMK Negeri 2 Wonogiri yang dikumpulan sebagai tugas mata pelajaran PKKWU ( Produk Kreatif Kewirausahaan ) Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. 

kwu
Produk dari siswa SMK Negeri 2 Wonogiri

         Produk-produk ini di buat untuk memenuhi tugas mata pelajaran PPKWU jurusan DPIB kelas XII. Produk tersebut di kumpulkan untuk dinilaikan, setelah mendapat nilai maka produk tersebut di tawarkan ke pada  warga sekolah seperti Bapak/Ibu guru dan Karyawan. Walaupun para siswa sudah memberikan harga,  namun harga tersebut masih bisa di nego.

Meja Kayu Jati Buatan siswa SMK Negeri 2 Wonogiri

          Seperti meja kecil yang di buat dari bahan kayu jati ini di jual dengan harga Rp 230.000 dan masih banyak barang-barang yang sebagian besar terbuat dari kayu. Ada rak untuk pot bunga, kursi kayu, kursi bambu, rak buku, meja kayu, almari kayu yang semuanya sudah di beri informasi harga dan nomer HP siswa yang membuat barang tersebut.

Rak Buku buatan siswa SMK Negeri 2 Wonogiri

          Dengan model pembelajaran seperti ini maka para siswa SMK Negeri 2 Wonogiri dapat belajar bagaimana membuat barang yang fungsional yang di butuhkan orang, mereka juga dapat belajar bagaimana menjual barang hasil produksinya sendiri.

Kumpulan Barang Kreatif Buatan Siswa Jurusan DPIB

       Produk-produk tersebut sementara di tempatkan di bengkel DPIB, bagi yang mengiginkan bisa menghubungi Guru Mata Pelajaran PKKWU Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Bapak Agus Surakim, SPd.  

 

          Wonogiri, Sebanyak 45 siswa SMK Negeri 2 Wonogiri yang telah di tunjuk oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengikuti kegiatan Asesmen Nasional ( AN ). Kegiatan ini di laksanakan selama 2 hari yaitu pada hari Rabu dan Kamis tanggal 22 dan 23 September 2021.

akm
Siswa SMK Negeri 2 Wonogiri sedang melaksanakan kegiatan AN

          Untuk hari pertama para siswa mengerjakan soal berupa literasi dan survai karakter sedangkan pada hari kedua mereka mengerjakan soal numerasi dan survai lingkungan belajar. Seperti di ketahui bahwa untuk soal bahasa (literasi membaca) adalah soal yang mengukur kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi membaca) siswa sedangkan untuk soal  numerasi adalah soal untuk mengukur kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi).

akm1
Parkirpun jaga jarak

          Kegiatan tes ini bertempat di 3 ruang laboratorium komputer SMK Negeri 2 Wonogiri dengan sistem semi online yaitu di setiap ruang di sediakan server lokal untuk memperlancar pengerjaan soal oleh siswa tidak di hambat oleh lamanya loading soal. Tidak lupa protokol kesehatan tetap di lakukan dari mulai di pintu masuk SMK Negeri 2 Wonogiri sampai di ruang tes.

akm2
Siswa SMK Negeri 2 Wonogiri sedang di cek suhu tubuh

          Pengukuran suhu tubuh oleh petugas di laksanakan sebelum siswa masuk di dalam sekolah, setelah itu siswa di wajibkan untuk cuci tangan dengan sabun di wastafel yang sudah di sediakan.

akm3
Siswa SMK Negeri 2 Wonogiri sedang cuci tangan dengan sabun

         Ruang transitpun di sediakan dengan jarak 1 meter untuk menunggu waktu ujian yang di laksanakan pada pukul 07.30 WIB sehingga kerumunan siswa menunggu waktu mulainya ujian dapat di hindari. Setiap ruang di awasi oleh 1 orang pengawas dan 1 orang proktor. Alhamdulillah kegiatan selama dua hari ini dapat berjalan dengan lancar. 

 

        Wonogiri, beberapa hari ini suasana di SMK Negeri 2 Wonogiri berbeda dari biasanya, karena mulai hari Senin tanggal 13 September 2021 Jam 06.00 WIB  SMK Negeri 2 Wonogiri di gunakan sebagai tempat ujian PPPK Guru. Terlihat puluhan Bapak Ibu guru peserta seleksi ASN-PPPK Guru Tahun 2021 berpakaian putih hitam sudah hadir untuk mengikuti ujian, tidak lupa mereka menggunakan masker memasuki gerbang SMK Negeri 2 Wonogiri. Mereka disambut dengan ramah petugas keamanan yang juga menginformasikan dan menunjukkan penerapan protokol kesehatan yang harus dilakukan serta beberapa informasi yang diperlukan oleh peserta Ujian PPPK.

p3k
Suasana kegiatan Tes PPPK gelombang 1

         Pelaksanaan seleksi Guru ASN PPPK Tahun 2021 di SMK Negeri 2 Wonogiri dilaksanakan selama 4 hari yang akan berakhir pada tanggal 16 September 202. Ujian tersebut  menggunakan 5 ruang laboratorium komputer yang di sebut Tempat Uji Kompetensi (TUK). Selain laboratorium komputer pihak panitia juga menyediakan kelengkapan antara lain tempat dan kelengkapan cuci tangan, papan informasi, denah lokasi, papan informasi alur pelaksanaan tes, beberapa tanda penunjuk arah ruang, spanduk/poster, genset, dan tempat parkir.

p3k1
Suasana para peserta tes P3K sedang transit

          Karena kegiatan di lakukan dalam masa pandemi maka protocol kesehatan di lakukan dengan ketat antara lain :

  1. Petugas keamanan dibantu Bapak-bapak dari Kepolisian memastikan keamanan di lokasi tes serta, memberikan informasi terkait tes, serta mengingatkan agar peserta mematuhi penerapan protokol kesehatan selama mengikuti proses seleksi.
  2. Setelah memasuki pintu gerbang, peserta Mencuci tangan dengan sabun cair dan air mengalir di tempat yang telah disediakan.
  3. Mengikuti pengecekan suhu tubuh. Pengecekan ini dilakukan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Wonogiri, sedangkan pengaturan antrian dilakukan oleh petugas dari sekolah. Peserta dengan suhu dibawah 37,30 C melanjutkan ke tahap registrasi.
  4. Melaksanakan registrasi. Pada tahapan ini petugas memeriksa : 1. Kesesuaian kartu peserta dengan KTP. 2. Pemeriksaan dokumen diri peserta terkait Covid-19. Peserta yang telah memenuhi syarat di proses registrasi menuju ruang penitipan barang serta ruang transit sebelum memasuki ruang tes.
  5. Peserta memasuki ruang tes dilanjutkan mengerjakan tes.
  6. Tes berakhir pada waktu yang telah ditentukan.
p3k3
Suasana di ruang tes

         Pelaksanaan seleksi ASN-PPPK Guru tahun 2021 yang diselenggarakan di SMK Negeri 2 Wonogiri berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Panitia memberikan pelayanan yang bagus dan maksimal dalam menyambut  peserta seleksi ASN-PPPK. Adapun ruang yang disediakan selain 5 ruang laboratorium komputer yang digunakan untuk tes ada ruang lain yang di siapkan oleh panitia antara lain ruang penitipan barang, ruang transit yang luas, ruang regristrasi dan juga fasilitas lain seperti kamar mandi, masjid sehingga peserta ujian merasakan nyaman saat melaksanakan ujian PPPK tersebut. SMK Negeri 2 Wonogiri berusaha memberikan pelayanan yang maksimal dengan harapan dengan fasilitas yang di sediakan akan membantu peserta seleksi ASN-PPPK dalam mengerjakan ujian, selain itu dengan pelayanan yang maksimal maka pada kesempatan seleksi ASN-PPPK ini bisa digunakan oleh pihak SMK Negeri 2 Wonogiri untuk mengenalkan secara langsung wajah dan lingkungan sekolah ini kepada khalayak terutama para peserta ujian dan keluarga. (april-e)      

 

        Wonogiri, 6 Oktober 2021. Bertempat di halaman samping masjid SMK Negeri 2 Wonogiri pada hari ini Rabu 6 Oktober 2021 sebanyak kurang lebih 500 an siswa-siswi kelas XII dan kelas XIII SMK Negeri 2 Wonogiri melaksanakan tes Swab antigen. Tes ini di lakukan oleh tim dari UPTD Puskesmas Wonogiri 1.

swab
Siswa SMK Negeri 2 Wonogiri sedang antri untuk Swab Antigen

          Siswa datang ke sekolah sesuai undangan secara bertahap sehingga kerumunan dapat di hindari. Setelah datang para siswa berbaris dengan  dengan tetap menerapkan jaga jarak dan memakai masker dengan di bantu oleh bapak/ibu guru untuk pengaturan dan pengawasanya. Sebelum masuk di lingkungan sekolahpun di gerbang mereka di ukur suhu tubuh dengan termometer infrared dan di minta untuk cuci tangan dengan sabun pada wastafel yang disediakan.

swab2
Siswa SMK Negeri 2 Wonogiri sedang di ambil sampel untuk di tes antigennya

        Kegiatan ini bertujuan untuk menurunkan level Zona di kabupaten Wonogiri dan sekaligus persiapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas ( PTM ) di SMK Negeri 2 Wonogiri yang akan segera di adakan menunggu ijin dari Satgas Covid-19 kabupaten Wonogiri.